5 Tips Makan di Pusat Wisata Kuliner

Google Adsense Here
Ilustrasi (dok.Thinkstock)

Jakarta – Ingin mencicipi aneka kuliner lezat kadang jadi alasan traveler datang ke suatu destinasi. Datang ke sana, Anda tak bisa asal melahap semua makanan. Ada trik khusus agar wisata kuliner terasa maksimal.

Ada banyak destinasi yang tak hanya menjanjikan pemandangan cantik, tapi juga kuliner yang lezat untuk turisnya. Saat datang ke sana, biasanya pelancong bisa kalap ingin menyantap seluruh makanan lezat.

Google Adsense Here

Hasilnya, perut akan terasa terlampau kenyang, padahal belum semua kuliner berhasil dicicipi, dan acara traveling pun akan terganggu. Dikumpulkan detikTravel, Selasa (7/5/2013) inilah 5 tips agar traveling Anda di destinasi ini terasa menyenangkan:

1. Pilih makanan yang paling khas

Meski destinasi tujuan memiliki banyak kuliner lezat, Anda harus bisa membatasi mana makanan yang akan disantap. Prioritaskan makanan yang dipilih adalah yang paling khas di sana, baru makanan lain.

Ini penting agar Anda bisa tahu bagaimana rasanya makanan paling enak di destinasi tujuan. Misalnya saja, penjual nasi jamblang khas Cirebon punya belasan menu. Tapi, traveler sudah paham kalau yang paling khas adalah blakutak, alias cumi yang dimasak dengan tintanya. Yummy!

2. Cermat memilih makanan

‘Jangan lapar mata’ ini adalah istilah yang sering digunakan untuk memperingatkan orang-orang. Tujuannya adalah agar mereka bisa menyeleksi makanan mana saja yang akan dipilih.

Pilih yang benar-benar diinginkan, bukan sekadar ingin karena penampilan makanan yang menarik. Ingat, tidak semua kuliner cocok di lidah.

3. Tanya harga terlebih dulu

Menjadi turis, tentu Anda adalah salah satu sasaran empuk penjual nakal. Karena tahu tujuan pelancong datang untuk menikmati kuliner, para pedagang nakal ini bisa saja tiba-tiba menjual dengan harga tinggi.

Tanya dulu harganya sebelum menyantap makanan. Dengan demikian, Anda tetap bisa makan enak tanpa khawatir kantong jebol.

4. Minum air putih

Bisa menyantap banyak jenis kuliner tentu jadi tujuan traveler. Agar bisa melahap banyak makanan, pilih saja air putih sebagai minuman. Milkshake, jus atau bahkan kopi hanya akan membuat perut Anda cepat kenyang. Hasilnya, makanan yang disantap semakin sedikit.

5. Beri jeda waktu dari satu makanan ke makanan lain

Walau sedang berada di pasar kuliner, Anda sebaiknya tidak melahap seluruh makanan dalam kurun waktu yang berdekatan. Ini sama saja memaksa perut menampung banyak makanan melebihi kapasitas. Salah-salah Anda malah bisa menjadi mual atau sakit perut.

Untuk itu, berilah jeda waktu sebelum memakan makanan baru. Berkeliling di sekitar destinasi wisata tersebut, bisa jadi pilihan Anda.

(ptr/fay)

Google Adsense Here