10 Tempat Makan Enak dan Murah di Jogja yang Menjadi Dambaan Mahasiswa

Google Adsense Here

Bagi Mahasiswa proletar, tempat makan ini adalah penyelamat saat perut menuntut haknya!

Ada dua jenis istilah mahasiswa dalam dunia perkampusan, Yaitu jenis mahasiswa borjuis dan mahasiswa proletar. Untuk mahasiswa borjuis biasanya disematkan untuk mereka yang berasal dari golongan klas dan strata atas. Yah biasanya kalo bukan anaknya pengusaha besar atau pejabat, kehidupan mereka terbilang berkeccukupan, baik itu tempat kostnya yang memiliki kamar mandi dalam dan full Ac, ataupun gaya hidup mereka yang serba kecukupan.

Beda lagi untuk mahasiswa proletar, mereka biasanya mahasiswa dari golongan menengah kebawah. Mungkin ibarat badan usaha, mereka masih level usaha kecil dan menengah (UKM). Nahasnya jenis mahasiswa ini mendominasi dari seluruh mahasiswa. Gaya hidup mereka sederhana, tidak terlalu berlebihan, bahkan terbilang irit. Sampai kalau mau makan saja harus milih-milih tempat makan yang enak tapi murah.

Google Adsense Here

Untungnya kota-kota yang banyak kampus seperti Jogja, masih banyak tempat makan enak dan murah, jadi bisa menjadi rujukan jika perut sedang menagih haknya. di Jogja sendiri ada beberapa tempat makan enak yang murah andalan para mahasiswa, tempat makan ini selalu ramai dan bahkan untuk waktu-waktu tertentu kamu harus ngantri untuk bisa menikmati hidangannya. Dimana saja tempat makan enak dan murah di Jogja? Inilah beberapa diantaranya.

1. Warung spesial sambal (Ss)

Buat para Mahasiswa di Jogja, nama tempat makan ini sudah tidak asing di dengar. Bahkan banyak dikalangan Mahasiswa yang menjadikan warung makan Ss sebagai tempat makan wajib saat makan bareng teman-teman. Warung makan Ss memang sejak awal memang target pasarnya ialah para mahasiswa, khususnya mereka yang menyukai selera pedas. Ss menawarkan makan kenyang dengan harga murah, disini kamu bisa makan kenyang mulai harga 8.000 an. Untuk tambahan lauk kamu bisa nambah sekitar 1500 sampai 10.000 saja.

jadagram.com

Dengan konsep tempat makan yang murah dan enak, Ss berhasil memenuhi selera Mahasiswa proletar. Ketenaran Ss pun cukup pesat, setidaknya sampai bulan November 2016, sudah ada 36 cabang yang tersebar di Jogja. Jika kamu berniat makan di Ss, saya sarankan tidak saat pas jam makan, sebab kamu bakalan mengantri sampai berjam-jam untuk mendapatkan meja makan.

2. Lesehan Aldan

Tempat makan enak dan murah di Jogja selanjutnya ialah Lesehan Aldan. Tempat makan yang satu ini juga tidak asing di kalangan Mahasiswa Jogja, sebab selain harganya murah dan rasanya enak, Lesehan Aldan juga tempat yang cocok buat makan bareng teman-teman sembari ngerumpi. Lesehan Aldan menawarkan menu dari berbegai olahan ikan, bebek, ayam, dan masih banyak jenis lauk yang bisa kamu pilih sendiri. Soal harga gak usah diambil pusing, harga di Lesehan Aldan sangat pengertian banget sama kondisi Mahasiswa kok.

aldanpugeran.com

3. Nasi goreng kambing Kridosono

Buat kalian pecinta nasi goreng, kayaknya belum sah menyandang gelar pecinta nasi goreng kalau kamu belum pernah mengunjungi tempat makan yang satu ini. Nasi goreng kambing yang ada di dekat stadion kridosono ini, menawarkan nasi goreng dengan rasa daging yang sangat terasa. Tidak hanya para mahasiswa yang ketagihan kelezatan nasi goerng kambing ini, banyak para karyawan dan pegawai negeri yang menjadi pelanggan disini. Tentu itu disebkan bukan saja harganya yang cocok buat mahasiswa, namun rasanya juga bisa menggoda siapapun. Untuk menikmati lezatnya nasi goreng ini, kamu bisa mengunjunginya pada jam 18.00 sampai 22.00 WIB.

yudhistirotirto.files.wordpress.com

4. Gudeg mercon Bu Tinah

Ngomongin kuliner di Jogja tanpa membahas Gudeg Jogja, itu merupakan “kedzoliman” dalam dunia perkulineran. Sebab gudeg Jogja merupakan salah satu ikon dari kota Jogja yang tidak bisa dipisahkan. Namun ada yang beda dengan gudeg Jogja yang satu ini, namanya gudeg mercon. Gudeg mercon Bu Tinah sangat populer dan kondang di kalangan Mahasiswa, khususnya mereka yang menyukai kuliner pedas.

bingkaipetualang.wordpress.com

Dinamakan gudeg mercon karena gudeg ini dikenal memiliki kepedasan tidak seperti gudeg pada umumnya. Sekali kamu makan gudeg mercon ini, dijamin rasa pedasnya meledak di mulut. Buat kamu yang penasaran dengan sensasi kepedasan gudeg ini, kamu bisa datang ke warung makan gudeg mercon Bu Tinah di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Ohiya jam operasi gudeg mercon Bu Tinah dari jam 21.00-01.00 WIB yah.

5. Sate klatak pak Bari

Kamu sudah nonton Film AADC2? kalo belum silahkan tonton dulu, tapi kalau kamu sudah pernah nonton, kamu tentu ingat waktu Rangga dan Cinta makan malam sate di Jogja, mereka romantis banget yah, sembilan tahun berpisah akhirnya bertemu lagi. Upzz, tapi yang bakalan kita bahas bukan tentang cerita cinta mereka, tapi tentang sate klataknya dimana Rangga dan Cinta Dinner untuk pertama kalinya setelah sembilan tahun berpisah.

sonofmountmalang.wordpress.com

Lokasi makan malam Rangga dan Cinta berada di rumah makan sate klatak Pak Bari, Lokasi tempat makan ini berada di Pasar. Jejeran, Jl. Imogiri Tim., Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau kamu berencana berkunjung kesini, mendingan datang lebih awal, sebab jika telat sedikit saja kamu harus rela meninggalkan badan kamu untuk ikut mengantri. Jam operasi sate klatak pak Bari mulai dari pukul 17.00 sampai jam 02.00.

6. Gudeg Pawon

Kalau tempat akan yang satu ini cocoknya buat kamu Mahasiswa kalong yang hobi begadang. Sebab gudeg pawon memang beroperasi saat malam hari, tapi jangan salah, meskipun hanya bukan malam hari namun setiap hari pengunjung rela mengantri. Tentu pengunjung memiliki alasan tersendiri kenapa rela mengatri malam hari, sebab kelezatan dan keunikan gudeg pawon tiada duanya.

njogja.co.id

Dikatakan unik sebab sesuai namanya, gudeg pawon merupakan tempat makan yang menawarkan menu gudeg namun untuk membelinya pembeli harus mengambilnya di pawon (dapur). Jadi berasa makan di rumah nenek kan? Selain itu, cita rasa dari gudeg pawon juga memang sangat lezat. Hla inilah yang menjadikan alasan pembeli rela untuk mengantri. Lokasi gudeg pawon sendiri berada di Jl. Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, buka mulai jam 22.00 sampai 00.00 WIB.

makanmakan.com

7. Ayam geprek Bu Rum

Tempat makan enak dan murah di Jogja selanjutnya ialah Ayam Geperk Bu Rum. Warung makan spesial yang berada di Jl. Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman ini selalu ramai dipenuhi kalangan mahasiswa yang ingin mengisi lambung mereka. Disini kamu bisa menikmati Ayam geprek dengan tingkat kepedasan sesuai selera kamu. Siapin tisu yah kalau makan disini, sebab rasa pedas yang kamu nikmati gak kerasa bakalan menguras keringat. Soal harga? Dijamin gak bakalan bikin mahasiswa nyesel meskipun di akhir bulan.

hungerranger.com

8. Angkringan KR

Satu lagi kuliner yang tidak boleh ketinggalan saat bahas kuliner Jogja, yaitu angkringan. Mungkin terdapat ratusan angkringan yang tersebar di seluruh pelosok Jogja. Salah satu yang paling populer ialah angkringan KR, dinamakan angkringan KR sebab angkringan ini berada persis di depan kantor surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR).

piknikdong.com

Berbagai jenis menu angkringan tersedia disini, dari mulai sate hati, satu usus, sate telur puyuh, aneka macam gorengan, dan aneka macam nasi dan lauk pauknya. Selain menghidangkan berbagai macam makanan khas angkringan, disini juga lokasinya sangat cocok buat berkumpulnya para mahasiswa, terlebih buat para komunitas. Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat dengan kantong mahasiswa, untuk jam operasi angkringan KR mulai dari jam 17.00 sampai 01.00.

9. Mie Ayam Tumini

Tempat makan yang satu ini tidak kalah populernya dari yang lainnya. Khususnya buat mereka yang menyukai mie ayam, pasti tahu dengan mie ayam Bu Tumini ini. Bahkan ke tenaran mie ayam Bu Tumini sampai ke luar kota Jogja loh. Konon dalam sehari rumah makan ini menghabiskan minimal 700 porsi mie ayam, bisa bayangin kan bagaimana diburunya mie ayam ini.

nana-nanudz.blogspot.co.id

Lokasi mie ayam Tumini sendiri berada di Jalan Imogiri Timur No. 187, Giwangan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta. Sangat dekat dengan Terminal Giwangan Yogyakarta. Untuk menikmati kelezatan cita rasa mie ayam tumini, kamu bisa mengunjunginya pada jam 10.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

10. Kedai rakjat djelata

Tempat makan yang enak dan murah di Jogja yang terakhir ialah kedai rakjat djelata. Sesuai namanya, kedai ini memang cocok buat kalangan mahasiswa proletar deh. hehe. Kedai rakjat jelata mengusung tema jawa yang sangat kental. Kamu bisa memesan makanan mulai dari harga 12.000 an. Tempat ini memang sangat cocok buat mahasiswa, selain makanan yang lezat, dekorasi yang unik, kedai rakjat djelata juga merupakan tempat yang nyaman untuk ngobrol. Lokasi kedai ini berada di Jl. Dr. Sutomo No.54, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

klikhotel.com

Itulah 10 tempat makan enak dan murah di Jogja yang bisa kamu kunjungi, atau menurutmu ada tempat lain yang tak kalah lezat dan murah, kamu bisa menambahkan di kolom komentar loh.

Google Adsense Here